Kelebihan dan Kekurangan Ayam Bali

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Bali

Shelbyreed – Ayam aduan bali mulai terkenal di Indonesia, hal ini dikarenakan banyak penggemar dan juragan ayam pemula yang mencari ayam Bali ini untuk dipelihara. Tidak hanya sekedar hobi, ayam bali ini juga dijadikan sebagai kegiatan sampingan. Jika melihat pasar ayam, kita memiliki potensi besar untuk beternak.

Ayam bali juga biasanya bertanding di arena sabung ayam tajen, namun kelas tarungnya hanya terbatas pada satu kelas yaitu dengan ayam bali lainnya. Jika kita mencoba melawan ayam bali dengan ayam aduan kelas atas seperti ayam bangkok dan ayam burma dll. Kemudian dalam sekejap, ayam bali akan kalah atau pingsan dalam hitungan detik.

Kelebihan Ayam betet Bali

Menurut informasi masyarakat dari Tajen di Bali, kelebihan ayam bali ini adalah memiliki gerakan yang cukup cepat, lincah dan gesit, serta menyerang dengan ganas saat melompat di atasnya. Kelebihan ayam bali ini adalah ayam ini lebih pintar dalam mencari gol dan tembakan yang lebih akurat. Selain itu, ayam bali juga merupakan ayam yang baik mentalnya karena tidak akan mundur jika dilawan dengan ayam.

Ayam ini tidak takut dengan ayam yang berbadan lebih besar, baik menang atau kalah, bahkan ketika melawan ayam dari Bangkok atau Burma yang terkenal dengan kualitas aduannya. Dari segi perawatan, ayam bali ini lebih mudah dibandingkan dengan ayam bangkok, baik dari segi pemberian pakan, pelatihan maupun perawatan.

Kekurangan Ayam betet Bali

Namun kekurangan dari ayam bali ini jelas postur tubuhnya yang kecil dan tidak sebesar ayam bangkok, jadi jangan sekali-kali menggigit ayam bangkok dengan ayam bali. Karena karena ukuran dan ukurannya yang kecil, tentunya pukulan kecil tidak akan memberikan efek mematikan pada ayam bangkok. Begitu juga sebaliknya karena postur dan kekuatan ayam bangkok lebih besar, tentunya akan sangat mematikan bagi ayam bali. Sepertinya kita pernah melihat pertarungan Floyd Mayweather vs Conor McGregor di arena, tentu kita sudah tahu siapa yang menang bukan?

Kita dapat menganggap ayam bali dan ayam bangkok sebagai ayam buruan dari berbagai jenis di dunia sabung ayam. Menurut seorang botoh di arena sabung ayam Tajen, ayam bangkok termasuk dalam kategori kelas berat, oleh karena itu burung nuri termasuk dalam kategori kelas bulu. Jadi jika Anda memiliki ayam bali, pastikan Anda melawannya sebelum Anda bertarung. Karena jika Anda memiliki lawan yang berada di atas ayam bali Anda, ayam bali Anda pasti tidak akan bertahan lama di arena.

Itulah beberapa ciri dan kekurangan ayam nuri yang umumnya digunakan dalam acara tabuh rah atau tajen di Bali. Biasanya ayam bali akan dipasangkan dengan taji atau pisau tajam untuk saling menyerang di dalam pencacahan pasir.

Namun kini acara tajen ayam sudah dilarang oleh pemerintah Bali karena banyak digunakan sebagai media permainan sehingga sangat meresahkan warga yang mengikuti acara tabuh tersebut. Acara menyambung ayam hanya diadakan di tempat tertutup atau tersembunyi seperti kuburan, kota pedalaman, dll.